PERBAIKAN
1.
Pengertian :
a.
RAM (Random Acces Memory)
Merupakan bagian dari main memory yang berfungsi untuk menyimpan
program yang telah di input. RAM ini dapat di akses, sehingga programmer
dapat mengisi ataupun mengambil isinya.
RAM juga
memiliki kemampuan untuk melakukan pengecekan dari data yang disimpannya yang
disebut dengan istilah parity check.
Bila data hilang atau rusak dapat diketahui dari sebuah bit tambahan yang
disebut dengan parity bit atau check bit.
Struktur RAM dibagi menjadi 4 bagian :
Input storage : untuk menampung input yang dimasukkan lewat alat
input.
Program storage : untuk menyimpan semua instruksi-instruksi
program yang akan diproses.
Working storage : untuk menyimpan data yang akan diolah dan hasil
dari pengolahan.
Output storage : untuk menampung hasil akhir dari pengolahan data yang akan ditampilkan ke alat output.
jenis-jenis RAM :1. DRAM (Dynamic Random Access Memory)
2. SRAM (Static Random Access Memory)
3. EDORAM (Extended Data Out Random Accses Memory)
4. SDRAM (Synchronous Dynamic Random Acces Memory)
5. RDRAM (Rambus Dynamic Random Acces Memory)
6. NV-RAM (Non-Volatile Random Access Memory)
b.
ROM (Read Only Memory)
ROM adalah
perangkat keras pada komputer berupa chip memori semikonduktor yang isinya
hanya dapat dibaca. Programmer tidak dapat mengisi sesuatu di dalam ROM sebab isi ROM sudah diisi oleh
pabrik pembuatnya. Jika ingin merubah isi ROM, programmer harus memrogram
kembali instruksi-instruksi yang ada di dalam ROM tersebut.
ROM yang bisa
diprogram berbentuk chip :
· EEPROM
(Electrically Erasable Programmable Read-Only Memory)
EEPROM adalah tipe khusus dari PROM (Programmable Read-Only Memory) yang bisa dihapus dengan memakai perintah elektris. Seperti juga tipe PROM
lainnya, EEPROM dapat menyimpan isi datanya, bahkan saat listrik sudah
dimatikan.
· PROM
(Programmable Read Only Memory)
PROM merupakan sebuah chip memory yang hanya dapat diisi data satu
kali saja. Sekali saja program dimasukkan ke dalam sebuah PROM, maka program
tersebut akan berada pada PROM seterusnya.
· EPROM (Erasable Programmable Read Only
Memory)
EPROM adalah jenis khusus PROM yang dapat dihapus dengan bantuan
sinar ultra violet. Setelah dihapus, EPROM dapat diprogram lagi. EEPROM hampir
sama dengan EPROM, hanya saja untuk menghapus datanya memerlukan arus listrik.
Isi dari ROM ini tidak boleh
hilang atau rusak, jika terjadi demikian maka sistem komputer tidak akan bisa
berfungsi. Untuk mencegahnya, pabrik komputer merancang ROM sedemikian rupa
sehingga hanya bisa dibaca saja. Tidak dapat diisi oleh programmer
supaya tidak terganti oleh isi yang lain yang dapat menyebabkan isi ROM rusak.
Selain itu ROM sifatnya adalah non-volatile, supaya isinya tidak hilang bila
listrik komputer dimatikan.
c.
BYTE
Byte adalah Sekumpulan bit yang merepresentasikan sebuah karakter
tunggal. Biasanya 1 byte akan terdiri dari 8 bit, namun bisa juga lebih,
tergantung besaran yang digunakan.
d.
DRIVE
Drive adalah alat
penggerak untuk membaca (sebagai alat input) atau untuk merekam (sebagai alat
output) data dari atau ke media simpanan luar. Oleh karena itu, Drive mempunyai
fungsi ganda yaitu sebagai alat input dan alat output.
e.
FOLDER
Folder merupakan tempat untuk menyimpan dokumen-dokumen yang terdiri dari
file-file baik berupa data, angka, program, dll.
f.
MAIN MEMORY
Main memory
merupakan media penyimpanan dalam bentuk array yang disusun word atau byte,
kapasitas daya simpannya bisa jutaan susunan. Setiap word atau byte mempunyai
alamat tersendiri. Data yang disimpan pada memori utama ini bersifat volatile,
artinya data yang disimpan bersifat sementara dan dipertahankan oleh
sumber-sumber listrik, apabila sumber listrik dimatikan maka datanya akan
hilang.
Main memory berfungsi untuk :
· Menyimpan data yang
berasal dari peranti masukan sampai data dikirim ke ALU (Arithmetic and Logic
Unit) untuk diproses.
· Menyimpan daya hasil
pemrosesan ALU sebelum dikirimkan ke peranti keluaran.
· Menampung
program/instruksi yang berasal dari peranti masukan atau dari peranti pengingat
sekunder.
g.
INTRANET
Intranet adalah sebuah jaringan komputer
berbasis protokol TCP/IP seperti
internet hanya saja digunakan dalam internal perusahaan, kantor, bahkan warung
internet (WARNET) pun dapat di
kategorikan Intranet. Antar Intranet dapat saling berkomunikasi satu dengan
yang lainnya melalui sambungan Internet yang memberikan tulang punggung
komunikasi jarak jauh. Akan tetapi sebetulnya sebuah Intranet tidak perlu
sambungan luar ke Internet untuk berfungsi secara benar. Intranet menggunakan
semua protocol TCP/IP dan aplikasi-nya sehingga kita memiliki “private”
Internet.
Komponen pembentuk
intranet pada dasarnya sama dengan komponen pembentuk internet, seperti:
· aplikasi browser (
internet exploler, opra, mozilla firefox, netscape)
· komputer server
· perangkat jaringan
· protokol TCP/IP
· bahasa pemrograman
(html, php, mysql , dll)
h.
INFORMASI
Informasi adalah hasil dari kegiatan pengolahan data yang memberikan bentuk
yang lebih berarti dari suatu kejadian.
i.
DATABASE
Database adalah kumpulan dari data yang saling berhubungan satu dengan yang
lainnya, tersimpan di perangkat keras komputer dan digunakan perangkat lunak
untuk memanipulasinya. Database merupakan salah satu komponen yang penting
dalam sistem informasi, karena merupakan basis dalam menyediakan informasi bagi
para pemakai.
j.
INTERNET
Internet merupakan jaringan (network) komputer yang terdiri dari ribuan
jaringan komputer independen yang dihubungkan satu dengan yang lainnya dengan
menggunakan standar Internet Protocol Suite (TCP/IP) sehingga
antara komputer dapat saling mengakses informasi dan bertukar data.
2. Sistem
komputer adalah kumpulan dari komponen/sub sistem yang bekerja sama atau
berkoordinasi untuk mendapatkan tujuan yang sama. Ciri-ciri sistem komputer itu
sendiri terdiri dari lebih dari satu komponen/sub sistem, adanya koordinasi
antar sub-ordinat dari sistem, dan memiliki tujuan yang sama.
Gb. Mekanisme sederhana pengolahan data |
Kemudian mekanisme pengolahan data dikembangkan lagi menjadi :
Gb. Mekanisme pengolahan data yang sudah dikembangkan |
3.
Generasi
Komputer
a.
KOMPUTER GENERASI PERTAMA
(1946-1959)
Ciri-ciri komputer generasi pertama :
· Komponen yang digunakan adalah tabung hampa udara (Vacuum Tube) untuk
sirkuitnya.
· Program hanya dapat dibuat dengan bahasa mesin.
· Menggunakan konsep storage-program dengan memori utamanya adalah magnetic
core storage.
· Menggunakan
simpanan luar berupa magnetic tape dan magnetic disk.
· Ukuran fisik komputer besar, sehingga memerlukan ruangan yang luas.
· Cepat panas, sehingga diperlukan alat pendingin.
· Prosesnya kurang cepat.
· Simpanannya kecil.
· Membutuhkan daya listrik yang besar.
· Orientasinya terutama pada orientasi bisnis.
b.
KOMPUTER GENERASI KEDUA
(1959-1964)
Komputer generasi kedua mempunyai ciri-ciri
sebagai berikut :
· Komponen yang digunakan adalah transistor untuk sirkuitnya.
· Program dapat dibuat dengan bahasa tingkat tinggi, seperti FORTAL COBOL,
ALGOL (the Algorithmic Language).
· Kapasitas memori utama cukup besar dengan pengembangan dari magnetic core
storage, dapat menyimpan puluhan ribu karakter.
· Menggunakan simpanan luar berupa magnetic tape dan magnetic disk berbentuk
removable disk atau disk pack.
· Mempunyai kemampuan proses real-time dan time-sharing.
· Ukuran fisik komputer lebih kecil dibandingkan komputer generasi pertama.
· Proses operasi sudah cepat, dapat memproses jutaan operasi per-detik.
· Membutuhkan lebih sedikit daya listrik.
· Orientasinya tidak hanya pada aplikasi
bisnis, tetapi juga aplikasi teknik.
c.
KOMPUTER GENERASI KETIGA
(1964-1970)
Ciri-ciri komputer generasi ketiga :
· Komponen yang dipergunakan adalah IC (integrated Circuit), yang berbentuk
hybrid integrated circuit dan monolithic integrated circuit.
· Peningkatan dari softwarenya.
· Lebih cepat dan lebih tepat. Kecepatannya hamper 10000kali dari computer
generasi pertama. Ukuran kecepatannya adalah microsecond (jutaan operasi
per-detik), bahkan sampai nanosecond (milyard operasi per-detik).
· Kapasitas memori computer lebih besar, dapat menyimpan ratusan ribu
karakter.
· Menggunakan penyimpanan luar yang sifatnya random access (dapat memasup
data secara random), yaitu disk magnetic yang berkapasitas besar (jutaan
karakter).
· Penggunaan listrik lebih hemat dibandingkan computer generasi sebelumya.
· Memungkinkan untuk melakukan multiprocessing, yaitu dapat memproses
sejumlah data deari sumber-sumber yang berbeda pada waktu yang bersamaan dan
multiprogramming (dapat mengerjakan bebrapa program sekaligus).
· Pengembangan dari alat input-output yang menggunakan visual display
terminal yang bias menampilkan gambar-gambar dan grafik, dapat menerima dan
mengeluarkan suara, serta penggunaan alat pembaca tinta magnetic yaitu MICR
reader.
· Harga semakin murah dibandingkan computer generasi sebelumnya.
· Kemampuan melakukan komunikasi data dari satu komputer dengan komputer
lainnya.
d.
KOMPUTER GENERASI KEEMPAT
(1970)
Sejak tahun 1970 ada 2 perkembangan yang kemudian dianggap sebagai komputer
generasi keempat, yaitu :
· Komponen yang dipergunakan adalah LSI (Large Scale Integration)
· Peningkatan dari softwarenya.
· Lebih cepat dan lebih tepat. Kecepatannya hampir 10000kali dari computer generasi pertama. Ukuran kecepatannya adalah
microsecond (jutaan operasi per-detik), bahkan sampai nanosecond (milyard
operasi per-detik).
· Kapasitas memori computer lebih besar, dapat menyimpan ratusan ribu
karakter.
· Menggunakan penyimpanan luar yang sifatnya random access (dapat memasup
data secara random), yaitu disk magnetic yang berkapasitas besar (jutaan
karakter).
· Penggunaan listrik lebih hemat dibandingkan computer generasi sebelumya.
· Memungkinkan untuk
melakukan multiprocessing, yaitu dapat memproses sejumlah data deari
sumber-sumber yang berbeda pada waktu yang bersamaan dan multiprogramming
(dapat mengerjakan bebrapa program sekaligus).
· Pengembangan dari alat input-output yang menggunakan visual display
terminal yang bias menampilkan gambar-gambar dan grafik, dapat menerima dan
mengeluarkan suara, serta penggunaan alat pembaca tinta magnetic yaitu MICR
reader.
· Harga semakin murah dibandingkan computer generasi sebelumnya.
· Kemampuan melakukan komunikasi data dari satu komputer dengan komputer
lainnya.
e.
KOMPUTER GENERASI KELIMA
Komponen yang dipergunakan komputer generasi kelima adalah VLSI (Very Large
Scale Integration). Disamping VLSI, juga dilakukan pengembangan terhadap
Josephson Junction, teknologi yang kemungkinan bisa menggantikan chip.
Josephson Junction mempunyai kemampuan memproses trilyun operasi perdetik.
f.
KOMPUTER MASA DEPAN
Teknologi dari tahun ke tahun terus meningkat.
Hal inilah yang menjadi bahan pertimbangan bahwa sesuatu yang dibayangkan yang
tidak mungkin terjadi suatu saat nanti pasti akan terjadi. Suatu peramalan yang
sifatnya fiksi meramalkan bahwa komputer masa depan akan dapat berpikir dan
mempunyai perasaan seperti manusia. Beberapa ilmuan yakin, suatu ketika akan
tercipta suatu kompnen yang kan disebut dengan nama biochip, yang terbuat dari
bahan protein sintesis. Komputer masa depan pasti akan lebih menakjubkan dari
komputr-komputer sebelumnya.
4. Menyelesaikan Sistem Bilangan (Bilangan
Binari, Oktal, dan Hexadesimal)
a.
818 =
.................................2
Penyelesaian :
Langkah 1 jadikan bilangan desimal dahulu
818 = (8 x 81)
+ (1 x 80)
= 64 + 1
= 6510
Langkah 2 jadikan bilangan binari
1710 = 65 : 2 = 32 sisa
1
32 : 2 = 16 sisa 0
32 : 2 = 16 sisa 0
16 : 2 = 8 sisa 0
8 : 2 = 4 sisa 0
4 : 2 = 2 sisa 0
2 : 2 = 1 sisa 0
Jadi jawabannya adalah 10000012
b.
AF16 =
......................................2
Langkah 1 jadikan bilangan desimal dahulu
AF16 = (11 x 161)
+ (16 x 160)
= 176 + 16
= 119210
Langkah 2 jadikan bilangan binari
19210 = 192 : 2 = 96
sisa 0
96
: 2 = 48 sisa 0
48 : 2 = 24 sisa 0
24
: 2 = 12 sisa 0
12
: 2 = 6 sisa 0
6 : 2 = 3 sisa 0
3
: 2 = 1 sisa 1
Jadi jawabannya adalah 110000002
c.
100012 =
......................................8
Langkah 1 jadikan bilangan desimal dahulu
100012 =
(1 x 24) + (0 x 23) + (0 x 22) + (0 x 21)
+ (1 x 20)
=
16 + 0 + 0 + 0 + 0 + 1
=
1710
Langkah 2 jadikan bilangan oktal
1710 = 17 : 8 = 2 sisa 1
Jadi jawabannya adalah 218
d.
100110 = .........................................2
Caranya :
1001 : 2 = 500 sisa 1
500 : 2 = 250 sisa 0
250 : 2 = 125 sisa 0
125 : 2 = 62 sisa 1
62 : 2 = 31 sisa 0
31 : 2 = 15 sisa 1
15 : 2 = 7 sisa 1
7 : 2 = 3 sisa 1
3 : 2 = 1 sisa 1
Jadi jawabannya adalah 1111010012
5.
Membuat Flowchart
a.
Menampilkan angka dari 5 sampai dengan 1
Program
10 CLS
20 PRINT "===================="
30 PRINT "MENAMPILKAN ANGKA 5 SAMPAI DENGAN 1"
40 PRINT "===================="
50 LET N=5
60 PRINT N
70 LET N=N-1
80 PRINT N
90 IF N<=1 THEN GOTO 100 ELSE GOTO 70
100 PRINT
"............................................................"
110
END
b.
Menampilkan angka dari 1, 4, 9, 16, 25
Program
10 CLS
20 PRINT "=================="
30 PRINT "MENAMPILKAN BILANGAN KUADRAT"
40 PRINT "=================="
50 LET N=1
60 PRINT N
70 LET N=N+1
80 LET A=N^2
90 PRINT A
100 IF A=25 THEN GOTO 110 ELSE GOTO 70
110 PRINT
"......................................................."
120
END
Tidak ada komentar:
Posting Komentar